Pendaftaran Keagenan

Selasa, 25 Maret 2014

Khasiat Daun Jati Belanda

Jati belanda dengan nama latin Guazuma ulmifolia Lamk, merupakan tanaman yang tumbuh baik di iklim tropis seperti negara kita ini. Bagian daunnya adalah yang paling banyak dimafaatkan untuk mengontrol tingginya kadar kolesterol ( LDL ) dalam darah. Sering juga daun jati belanda dimanfaatkan untuk mencegah diare menjadi lebih parah dengan komplikasi dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.


Dari hasil pengujian laboratorium atas ekstrak air-etanol terhadap daun jati belanda, membuktikan terdapat kandungan resin, flavonoid, tanin, karotenoid, asam fenolat, zat pahit, musilago, karbohidrat, kafein, terpen, sterol, beta-sitosterol, friedelin-3-alfa-asetat, friedelin -3-beta-ol, alkoloida serta karbohidrat dan minyak lemak. Masing-masing kandungan memiliki manfaat tersendiri. Sebagai contoh kandungan Tanin yang bekerja dengan mengendapkan protein dari asupan makanan sehingga tidak dapat diserap oleh mukosa yang banyak terdapat di permukaan usus halus.


Ada juga kandungan Musilago pada ekstrak daun jati belanda yang berperan sebagai pelicin yang menjadikan makanan tidak terserap sempurna oleh usus. Sehingga Ekstrak Daun Jati Belanda banyak diambil manfaatnya sebagai obat penurun berat badan dan pelangsing alami. Selain itu lendir yang dihasilkan oleh Musilago dapat menyerap endapan racun dan sisa makanan yang menumpuk di saluran pencernaan sehingga ekstrak daun jati belanda juga bisa sebagai detox agent.


Jika dengan konsumsi rutin ekstrak daun jati belanda dapat memberikan manfaat berlimpah yang menjadikan proses metabolisme lebih normal dan tidak membebani tubuh. Tentu saja konsumsi ektrak daun jati belanda harus diimbangi dengan latihan fisik dengan berolahraga rutin dan teratur.