Pendaftaran Keagenan

Jumat, 21 Maret 2014

Manfaat Cabe Jawa

Dalam bahasa daerah terdapat banyak sekali penamaan untuk bahan baku jamu yang bernama latin Piper retrofractum Vahl. syn. P. longum. Cabai solak ( madura ) masih kerabat dengan tanaman merambat lainnya seperti lada ( merica ) dan juga sirih-sirihan. Tanaman cabe jamu ini sangat banyak diperkebunan yang memiliki tanah yang relatif subur berpasir dan tidak menggenang airnya.
 

Dalam perkembangannya cabe jawa ( jawa ) mulai diteliti khasiat efektifnya dan salah satu khasiat yang diperoleh dari pemanfaatan cabe jamu ini adalah sebagai herbal pengurang rasa sakit pada persendian dan nyeri otot karena beban kerja yang berat. Maka dari itu cabe jawa banyak digunakan sebagai komposisi ramuan pegal linu dan asam urat yang telah diwariskan turun temurun.



Era modern banyak sekali pemanfaatan tanaman berkhasiat asli indonesia dan salah satu yang sedang dieksploitasi adalah tanaman lada panjang alias cabe jawa yang jika dikombinasikan dengan Pasak Bumi dan Purwoceng dapat menghasilkan herbal aprodisiak yang bermanfaat untuk mengatasi keluhan karena ejakulasi dini dan disfungsi ereksi. Sedangkan dalam pemakaian jangka panjang untuk pasien impotensi penggunaan herbal cabe jawa tidak memberikan efek samping yang negatif kepada tubuh, tidak seperti yang terjadi pada penggunaan obat kimia seperti sildenafil dan tadalafil.


Cabe jamu merupakan tanaman dengan prospek ke depan yang cerah dan menjanjikan untuk dibudidaya. Tidak perlu perawatan khusus dan dapat dipanen sepanjang tahun. Selain itu cabe jawa ditanam dengan cara tumbang sari dengan tanaman musiman maupun tanaman kayu tahunan.