Pendaftaran Keagenan

Selasa, 25 Maret 2014

Bukti khasiat Jinten hitam

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.



Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 - 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.


Jinten hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat membasmi cacing usus. Selain itu gangguan perut seperti begah, maag, sembelit dapat diatasi dengan konsumsi jenten hitam. Jintan hitam mengandung beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari sumber luar. Dari penelitian 1 gram kapsul jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %. Meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkanan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang  terkait dengan imunitas.


Banyak sekali manfaat lainnya seperti Menyembuhkan asma dan alergi, asma, brochitis, mencegah kanker, meningkatkan kerja sum-sum tulang belakang, mengurangi peradangan pada sendi, meningkatkan kecerdasan otak dan menyembuhkan penderita kepikunan dan alzaimer, jinten dengan kandungan omega 3 dan omega 6 menjadi nutrisi bagi sel otak untuk memperbaiki kinerja berpikir dan mengingat.